Ketahui Beberapa Faktor yang Mempengaruhi Harga Cek Ongkir JNE

cek tarif JNE

Setiap orang yang ingin mengirimkan paket mereka tentu akan mempertimbangkan mengenai ongkos kirimnya. Contohnya saja saat ingin mengirimkan barang menggunakan jasa kirim JNE, maka tentu akan melakukan cek ongkir JNE terlebih dahulu agar mengetahui berapakah ongkos kirim yang diperlukan.

Cara Cek Ongkir JNE dengan Mudah

Setelah mengetahui beberapa hal yang dapat mempengaruhi harga pengiriman barang, maka langkah selanjutnya adalah segera melakukan cek ongkir. Tidak perlu khawatir, pasalnya saat ini sudah ada banyak website yang dapat digunakan untuk cek tarif JNE.

Melalui website tersebut, setiap orang dapat mengecek ongkir dengan cepat, mudah, dan pastinya praktis. Anda juga tidak perlu menggunakan aplikasi tambahan lagi saat mengecek dengan website tersebut. Untuk itu, segera lakukan pengecekan ongkir dengan mengunjungi alamat web tersebut.

Setelah itu, pastikan untuk mengisi asal pengiriman, tujuan pengiriman, serta berat pengiriman. Selanjutnya, langsung pilih menu cek tarif untuk mengetahui ongkos kirimnya.

Beberapa Faktor yang Mempengaruhi Harga Ongkir

Sebelum Anda melakukan pengiriman paket ke jasa kirim, maka sangat penting untuk mengetahui terlebih dahulu mengenai apa saja faktor yang dapat mempengaruhi harga ongkir. Dengan begitu, tentu akan lebih mudah untuk menghindari beberapa faktor tersebut agar biaya kirim dapat ditekan.

1. Jarak Pengiriman

Faktor pertama yang akan mempengaruhi biaya pengiriman/ongkir adalah jarak. Hal ini berarti, jauh dan dekatnya jarak akan memberikan pengaruh kepada biaya pengiriman paket tersebut. Jika semakin jauh paket dikirimkan, maka tentu saja semakin besar biaya pengirimannya.

Tidak hanya itu, jika Anda berniat untuk mengirimkan paket ke luar negeri maka tentu saja biaya yang diperlukan terbilang lebih tinggi dibandingkan pengiriman di Indonesia. Oleh sebab itu, pastikan Anda memperhatikan betul jarak pengiriman tersebut.

2. Berat Paket

Perlu Anda ketahui, bahwa berat paket yang dikirim juga akan memberikan pengaruh tersendiri saat ingin membayar biaya kirim. Adapun maksud dari hal tersebut adalah semakin tinggi berat paket yang akan dikirimkan, maka akan semakin besar pula biaya pengiriman tersebut.

Untuk biaya pengirim ini sendiri nantinya akan dibebankan kepada pengirim. Jika Anda memutuskan untuk mengirimkan barang dengan bobot yang ringan, maka tentu saja biaya yang perlu dibayarkan kepada pihak jasa juga tidak terlalu tinggi.

3. Jenis Pengiriman

Selain beberapa hal di atas, sangat penting juga bagi Anda untuk memperhatikan jenis pengiriman. Pasalnya, pemilihan jenis pengiriman tersebut nantinya juga akan memberikan pengaruh tersendiri mengenai ongkos kirim yang akan dibayarkan.

Jika jenis pengiriman tersebut memiliki durasi/estimasi sampai yang lebih cepat, maka tentu saja diperlukan biaya yang lebih tinggi. Berbeda jika jenis pengiriman tersebut termasuk yang tidak terlalu cepat sampainya, maka ongkos kirimnya juga semakin murah.

4. Asuransi

Asuransi merupakan salah satu hal lain yang bisa mempengaruhi harga/biaya pengiriman. Adapun tujuan penggunaan asuransi ini adalah agar mendapatkan jaminan keamanan barang. Terutama saat barang yang dikirim ternyata rusak ataupun hilang sehingga pihak ekspedisi yang akan mengganti rugi.

Saat ini sendiri ada banyak macam asuransi di Indonesia, termasuk asuransi pengiriman. Sebagai pelengkap keamanan pengiriman barang, maka tidak ada salahnya untuk menambahkan asuransi tersebut. Meski nantinya memang mempengaruhi biaya pengiriman.

Itu tadi beberapa penjelasan mengenai beberapa hal yang dapat mempengaruhi biaya cek tarif JNE. Setelah mengetahui beberapa hal tersebut tentu akan lebih mudah untuk mempertimbangkan dan menekan biaya pengiriman agar tidak menghabiskan banyak uang.

About the Author: admin